Cari Blog Ini

Sabtu, 29 Mei 2010

STRATEGI PEMBANGUNAN

1. Strategi Pembangunan Bidang Ekonomi

Pembangunan bidang ekonomi ditujukan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat pada umumnya. Tujuan tersebut terindikasi dari menurunnya angka kemiskinan, terciptanya kesempatan kerja, termanfaatkan dan terkelolanya seluruh sumberdaya secara produktif, meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor dan meningkatnya pendapatan masyarakat.

2. Strategi Pembangunan Bidang Sosial Budaya

Pembangunan bidang sosial budaya merupakan salah satu pendukung bagi tercapainya peningkatan derajat dan kualitas kesejahteraan masyarakat. Bidang ini antara lain meliputi pendidikan, kesehatan, keluarga sejahtera, pemuda dan olahraga, kependudukan dan catatan sipil, dan pemberdayaan perempuan.

3 Strategi Pembangunan Bidang Prasarana dan Sarana

Prasarana dan sarana, baik untuk mendukung pembangunan ekonomi maupun untuk kepentingan pembinaan sosial, mutlak harus disediakan. Pembangunan prasarana dan sarana, khususnya yang bersifat fisik harus direncanakan secara tepat dan komprehensif mengingat besarnya anggaran yang diserap pada bidang ini.

5. Strategi Pembangunan Bidang Pemerintahan

Pembangunan bidang pemerintahan pada prinsipnya ditujukan untuk membangun sistem dan tata pemerintahan yang baik. Melalui upaya ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal. Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang jujur, bersih, berwibawa, adil, bijaksana, dan transparan, serta lebih mengedepankan kepentingan publik.

6. Strategi Pembangunan Bidang Keamanan dan Ketertiban

Keamanan dan ketertiban merupakan inti dari tujuan dan sasaran pembangunan pada umumnya, di samping juga sebagai salah satu indikator tingkat kesejahteraan masyarakat.

7.Strategi Pembangunan Bidang Agama

Pemahaman mereka terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam ajaran Islam relatif masih kurang. Upaya penegakan hukum syariat Islam, misalnya, juga masih dihadapkan pada banyak kendala. Pencurian, perampokan, dan kegiatan melanggar syariah lainnya masih belum atau kurang tersentuh dengan hukum syariat Islam.

Strategi Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari ciri khas ekonomi keluarga sebagaimana yang dituliskan oleh Suryati Rizal dan kawan-kawan bahwa ciri khas ekonomi keluarga di negara-negara maju pada umunya adalah (a). Hidup serba kecukupan, ketersediaan sandang pangan dan pangan berlebihan, (b). Tinggal diperumahan mewah, cukup listrik, dan air minum. (c). kemampuan untuk memperoleh pendidikan keluarga sangat besar bahkan bisa studi negeri, (d). kemampuan perolehan kesehatan yang serba kecukupan dan (e). pendapatan keluarga relative bahkan berlebihan (.Suryati Rizal, Sistim Ekonomi Indonesia, FISIP – UI – 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar