Cari Blog Ini

Jumat, 15 April 2011

Interview Pengusaha



Disusuun Oleh :
Mohamad Anis /109 2000 30/ Akuntansi C

INSTITUT MANAJEMEN TELKOM
Jalan Telekomunikasi No 1
Bandung – Jawa Barat


success does not always start with big ideas
Pada hari kamis sekitar pukul 19.30 saya menginterview seorang pungasaha yang saya anggap sukses menjalani usahanya, sebut saja namanya yaitu Muhammad Shofiuzamani yang biasa dipanggil uus. Interview saya lakukan dengan menggunakan jejaringan komunikasi sosial yaitu facebook dan face to face dengan menemui secara langsung. Disitu saya banyak bertanya bagaimana awal mula perjalanan bisnisnya sejak merangkak hingga sukses pada ahirnya.
Uus mulai usahanya sejak berumur 16 tahun, pertama kali masuk dalam dunia bisnis Muhammad shofiuzamani menjalankan bisnis yang menurut saya konyol untuk dijalankan oleh seorang yang belum mengetahui medan, antara lain bisnis yang dijalani oleh uus yaitu Distributor pakaian, Usaha restoran, dan usaha angkot. uus juga mengatakan bahwasanya; sukses tak selalu bermula dari ide besar. Banyak sukses yang justru lahir dari gagasan sepele. Ada juga yang meneguk untung besar lantaran kelihaiannya mengadopsi dan meniru temuan orang lain. Tetapi tak sedikit juga yang meraih sukses karena keberaniannya menanggung risiko dan kreativitasnya dalam melakukan inovasi terhadap sesuatu yang sudah ada.
Setelah memberikan statement tersebut rupanya Muhammad shofiuzamani yang biasa di panggil uus tersebut tidak puas untuk meyakinkan saya dengan prinsipnya, lalu dengan lantang uus memberikan sebuah kisah perjalanan hidup dari seorang pengusaha, lalu uus mulai bercerita; seorang ibu yang bekerja sebagai sekretaris ini kerap stres lantaran pekerjaannya dalam mengetik. Bayangkan, bagaimana pusingnya dia ketika harus membuat hasil ketikannya rapi dan bersih, sementara ketikannya kerap salah.

Suatu ketika tanpa sengaja dia melihat seorang tukang cat tengah mengecat. Tukang cat itu ternyata tak sengaja menodai hasil kerjanya. Untuk membersihkannya, pengecat itu kemudian menimpa noda itu dengan cat putih.

Dari situ pengusaha tersebut mencoba menggunakan cat tempera putih berbahan dasar air dan kuas tipis untuk menutup kesalahan ketiknya. Lalu pengusaha tersebut mengomersialkan, hingga mampu menjual sekitar 100 botol per bulan. Hebatnya, 15 tahun kemudian, perusahaan yang didirikan berhasil menjual sedikitnya lima juta botol per tahun.
uus juga membubuhkan di ahir ceritanya itu, saya suka dengan ide ini, mungkin bisa saya sebut.. “small think, from the big thinker”.
Ketika menjalankan usahannya tersebut, tentunya uus tidak lepas dari masalah-masalah yang menerpa dirinya dan usahanya. Masalah-masalah yang dihadapi uus ketika menjalankan usahanya antara lain :
 Masalah Internal :
a) Yaitu sulit berkomunikasi antara uus dengan pathner kerjanya, lantaran keduanya sibuk menjalankan aktivitas kesehariannya.
b) Adanya masalah pada karyawan yang kurang berkomitment pada perjanjian awal yang telah dibuatnya.
c) Terbatasnya ide baru yang menunjang terhadap omset penjualan.
 Masalah Eksternal :
a) adanya pesaing baru di lingkungan bisnis yang sengaja meniru produk kita.
b) Sulit untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas tinggi.
Ternyata setelah beberapa menit saya menginterview uus. Menurut saya uus adalah seorang yang suka berinovasi, mencari peluang, peduli terhadap sesama dan ingin terus exist untuk selalu berkarya. andai saja 50% saja dari mahasiswa Institut manajemen Telkom dan rakyat indonesia mempunyai jiwa seperti uus, saya yakin Indonesia will be even better than before.
Uus di Next years, setelah itu aku (pewawancara), meminta langkah apa yang akan dilakukan oleh uus kedepanya. Uus mengatakan, dia akan mengikuti arus globalisasi yang ada, dan berusaha tidak tertinggal dari zaman yang terus berkembang pesat, artinya uus tidak akan berhenti berkarya dan berinovasi dia akan mengembangkan ide-idenya sejalan dengan perkembangan zaman yang sebegini hebatnya, ujar uus.
Di ahir interviewnya saya meminta uus untuk memberikan sebuah motivasi khususnya pada diri saya pribadi lebih-lebih pada orang lain, uus hanya tersenyum dan sepertinya lagi merangkai sebuah kata-kata yang pas buat saya, setelah beberapa menit uus mulai berbicara.

Uus bilang bahwa;
• ” sukses besar bisa terjadi pada siapa saja dan dengan cara apa saja. Yang penting adalah ketekunan dan keberanian dalam menghadapi risiko.”
• “Rejeki Itu Mengikuti Mimpi Kita, Rejeki Itu Bisa Direncanakan Menurut Mimpi Kita, Dan Rejeki Itu Berbanding Lurus Dengan Mimpi Kita.”
Setelah mendengar kata-kata terahir dari seorang pengusaha sukses seperti uus, dengan seketika saya mengubah mind set pemikiran saya, yang semula saya phobia untuk memulai usaha dikarenakan takut rugi, ternyata itu merupakan sebuah jembatan awal yang dapat membangkitkan saya untuk lebih baik lagi dan menutup kesalahan yang pernah saya lakukan.
Jadi kalau bisa saya simpulkan dari interview di atas bahwasanya, seorang pebisnis ibaratkan seorang belajar naik sepeda atau seorang balita belajar berjalan, mereka terus mencoba dan mencoba tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi toh dia akan fasih berjalan, begitu pula dengan berbisnis.
.

Profil Pengusaha

Nama : Muhammad Shofiu zamani
Tempat, tanggal lahir : Purwodadi, 20 september 1991
Alamat : Jl. Karasak Baru No. 33 RT/RW 03/02 kel Karasak.
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Warga Negara Indonesia
Hoby : Olahraga dan mencari hal yang baru.
Usaha yang dijalankan : a) Usaha Angkot
b) Usaha Restoran
c) Distributor pakaian
Visi : Menjadi pengusaha bertaraf internasional.
Misi : a) Berkomitment tinggi atas aktivitas yang telahdijalankan
b) Berpikir positif dengan segala masalah.
c) Beretikat baik dengan relasi bisnis.
Motto : jangan menyerah selagi masih bisa untuk kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar